Kamis, 13 Januari 2011

BERWISATA KE BANDUNG

TOUR BANDUNG


Masa-masa SMK yang haya ada satu kali seumur hidup harus di manfaatkan dengan baik, suatu saat ketika kita sudah lulus dari sekolah maka kita akan mengenang tentang apa saja yang pernah kita lakukan selama menjadi siswa di sekolah. Kebersamaan dalam kelas dengan teman-teman yang kita miliki akan sangat kita rindukan ketika kita semua sudah tidak bersama lagi dalam lingkungan sekolah. karena tentunya setelah lulus pasti sudah punya rencana masing-masing. Dalam hal ini osis smkn1 lemahabang memprogramkan wisata siswa ke bandung untuk siswa tingkat XI angkatan 2009. program ini di harapkan agar bisa di wujudkan pada tahun ini.
Maka kami dari pihak sekolah atas nama osis memininta dukungan penuh dari siswa tingkat XI agar program wisata siswa dapat di laksanakan dan berjalan bengan baik sesuai dengan harapan.
Kegtiatan ini bertujuan untuk mengisi libur panjang setelah semester dan menyegarkan kembali fikiran seusai ujian kenaikan kelas. Serta memupuk kebersamaan dan sekaligus bisa menjadi kenangan sebelum kita melaksanakn PKL selama tiga bulan.


1.Kolam renang air panas Ciwalini.



Daerah Ciwidey sangat kaya dengan sumber air panas alami.Kolam renang ciwalini berada di lingkungan perkebunan teh Walini yang sejuk dan kolam renang ciwalini memiliki air yang lebih jernih . .


2.tempat wisata Kawah Putih di Ciwidey, Jawa Barat.


Daerah ini masih sangat sejuk sekali, suhu di sini mencapai 18-20 derajat celcius. Dan bisa dilihat di tempat wisata ini sangat berkabut, mungkin efek dari uap kawah tersebut.


Kawah Putih terletak kurang lebih 46 km ke arah selatan Kota Bandung. Kawah Putih ini adalah sebuah kawah yang terbentuk seperti danau yang dikelilingi oleh bebatuan terjal. Uniknya, warna air kawah bisa berubah-ubah. Ada kalanya, berwarna memutih, seolah-olah ditutupi salju. Namun, kadang-kadang justru



Kebun Teh Rancabali Antara Kawah Putih Dan Situ Patenggang
Ketika Perjalanan Antara Situ Patenggang dan Kawah putih, mata kita akan di kejutkan dengan pemandangan hamparan kebun teh yang sangat indah

3.Perkebunan Strawberry Rancabali

dengan jarak sekitar 30 Km dari pusat Kota Bandung ke arah Barat daya, anda sudah dapat menjumpai perkebunan Strawberry yang terhampar mulai dari lereng Gunung Patuha, pintu Masuk kota Ciwidey hingga menjelang Puncak Gunung Patuha. Terletak di pertengahan hingga lereng Gunung Patuha, daerah Rancabali terkenal sebagai sentra perkebunan Strawberry yang cukup terkenal. Walaupun ketenarannya masih kalah dengan Cihanjuang di Utara Bandung, namun dari segi luas wilayah dan populasi, Rancabali tentu lebih memenangkan persaingan ini.
Selepas melewati Tol Kopo dan bermacet macet ria di Kopo Sayati, anda segera memasuki kota Soreang. Anda belum akan melihat bahwa anda akan segera menjumpai perkebunan Strawberry disini. namun, selepas wilayah Pasir Jambu di lereng Gunung Patuha, anda akan segera mendapati satu persatu Perkebunan STrawberry Perorangan. makin ke atas, perkebunan Strawberry yang anda temui akan semakin banyak dan makin ranum serta besar.


Panen Strawberry ini dilakukan setiap dua hari sekali. apabila ingin memilih Strawberry kualitas terbaik, kita dapat meminta pertolongan kepada penjaga warung untuk melakukan perburuan dengan memilihkan Strawberry yang baik bagi kita. namun, cara ini tidak dianjurkan untuk anda yang ingin menikmati pengalaman baru berburu Strawberry di wilayah RancaBali (hheu..).

TIPS MEMETIK STRAWBERRY
Bagi dua buah kotak yang anda pegang. sisihkan satu buah untuk yang akan anda bawa pulang sebagai oleh-oleh dan satu kotak lagi untuk yang anda makan langsung. untuk kotak oleh-oleh, pilihlah STrawberry dengan warna merah muda menjelang tua atau boleh yang masih pucat dengan biji kulit berwarna putih. Strawberry tipe ini akan memiliki daya tahan tinggi terhadap waktu karena masih belum matang sempurna. sementara itu, untuk yang akan anda makan segera, pilihlah Strawberry berwarna merah hampir tua dengan biji kulit berwarna hitam. Strawberry ini biasanya memiliki rasa manis yang kuat bercampur sedikit asam. STrawberry jenis ini sudah matang dan siap untuk disantap. bagi Strawberry yang ingin anda bawa pulang, sebaiknya anda harus hindarkan dari air karena air akan mempercepat pembusukan Strawberry tersebut.
Berhubung lokasi Perkebunan Strawberry RancaBali terletak di lereng Gunung Patuha. Perkebunan ini memiliki masa panen sepanjang tahun. cuaca dan iklim yang sejuk membuat produksi Strawberry terjadi sepanjang Tahun sehingga kapanpun anda datang,anda akan menjumpai Strawberry yang ranum. ingin mencoba pengalaman baru memetik Strawberry? kunjungi RancaBali di Bandung Selatan!

4.Situ Patenggang


terletak di daerah Ciwidey berupa sebuah telaga yang dikelilingi oleh kebun teh dan hutan cagar alam Patenggang yang membuat kita merasa sejuk, nyaman dan betah untuk tinggal di tempat ini. Di sini kita juga dapat melihat batu cinta dan pulau Asmara.



5.Kota Bandung .

Setelah puas menikmati alam terbuka, inilah saatnya kita mengunjungi kota Bandung. Di sini kita bisa berbelanja di factory outlet yang banyak tersebar. Selain itu, kita juga bisa mencoba makanan khas kota Bandung yang pasti akan membuat lidah bergoyang




ada beberapa pilihan tempat di bandung yang menarik untuk di kunjungi yaitu:
-. Musium Geologi , -. ITB , -. Priangan kota bandung,
-. Gedung Sate -. ITC Kebon Kalapa Bandung -. DLL

Lestarikan kesenian daerah lewat kegiatan Porseni 2010

Pada tanggal 18 desember SMK N1 Lemahabang mengdakan kegiatan porseni, kegiatan ini di lakuakn dalam rangka mengisi jeda setelah semester.
Yang di perlombakan dalam kegiatan ini yaitu salah satunya tari tradisonal. Kegiatan ini mendapat respon positif oleh semua siswa dan guru-guru. Selain untuk meramaikan acara, melalui Perlombaan Tari Tradisonal Sekolah kita telah ikut berperan serta dalam pelestarian budaya daerah.
Tidak hanya itu. Ada 7 perlombaan yang di lombakan Dalam PORSENI 2010
Peserta Lombanya Dari Para Siswa Sendiri di Pertandingkan antar kelas dan antar program jurusan keahlian
Perlomba’anya Yaitu:
1.futsa putra-putri
2.basket pura-putri
3.Volley putra-putri
4.Badminton Ganda Putra dan ganda putri
5.Senam Aerobik
6.tari tradisonal
7.lari 100m

Dari ketujuh perlombaan tersebut berlangsung acara yang meriah
Bahkan pada sa’at final volly Para Siswa Sangat Antusias Melihat Pertandingan Final ini Meski cuaca Panas mereka tetap bersemangat menyorakan dukungan kepada rekannya yang sedang bertanding serta mebuat rame acara.





Acara yang mendapat perhatian terbanyak dari penonton Yaitu Tari tradisonal dan senam aerobic
Kegiatan senam aerobic dalam perlombaan ini yaitu menciptakan gerakan senam ciptaan sendiri serta lagu peniringnya bebas.


Sebenarnya perlombaan senam aerobic ini baru diadakan dalam kegiatan porseni tahun sekarang, sementara kalau perlombaan Tari Tradisonal Sudah lama di adakan dan telah menjadi acara tahunan yang selalu di adakan dalam kegiatan ini, namun perlombaan tari tradisonal kali ini lebih meriah meski pesertanya hanya dari kelas 11 dan 12 saja.




Pertandingan badminton ganda putra dan ganda putrid di GOR smk n 1 lemahabang pun tak kalah hebohnya, meski pertandingan di langsungkan di dalam GOR yang adem ,tapi pertandingannya begitu memanas. Puncaknya yaitu sa’at pertandingan final Badminton ganda putra berlangsung, pertandingan yang sengit dan mendebarkan berlangsung sangat seru dan melahirkan juara baru yaitu dari kelas 12 MM.





Pertandingan bola basket adalah pertandingan dengan peserta terbanyak. Karena di pertandingkan antar kelas. Lapangan basket yang baru saja di cat. Tanpa ampun langsung di kotori oleh jejak-jejak yang penuh semangat bertanding, meski sempat mengalami kendala dalam melangsungkan pertandingan karena lapangan basket harus rela bergantian untuk di jadikan lapangan berlansungya pertandingan final bola volley tapi masih bisa teratasi,





setelah pertandingan final volley selesai maka pertandingan Basket kembali di lanjutkan meski harus sampai panas-panasan tapi pertandingan tetap berlangsung dengan tertib juga sorakan dari supporter yang kembali meramaikan pertandingan, apa lagi di tambah dengan kehadiran komentator kocak dari kelas 12 PM yang mengundang tawa bagi semua siswa yang ada di pertandingan tersebut.

Pertandingan Futsal yang berlangsung di lapangan dayak ini berjalan sangat seru sekali, meski para supporter dan pemain harus rela berbecek-becekan karena kondisi lapangan yang cukup becek namun tak mengurangi niat para supporter untuk tetap berpartisipasi dalam kegiatan ini.


kondisi lapangan yang sedikt becek namun sangat penuh sekali di padati oleh siswa dari sekolah lain.karena acara PORSENI smk kami berbarengan dengan 3 sekolah tetangga yang melaksanakan porseni juga maka kami harus saling berbagi lapangan. namun porseni kami lah yang berakhir paling akhir karena sekolah lain sudah melaksanakan lebih awal dari sekolah kami.
Kemudian untuk Perlombaan Lari 100m di langsungkan pada pagi-pagi di hari terakhir kegiatan berlangsung,
Acara puncak pada hari terakhir lah yang berlangsung paling seru dan paling ramai, penutupan di isi dengan pertandingan futsal dari gugu-guru dan TU melawan Siswa yang menjadi juara 1 pada pertandingan futsal kali ini.
Pertandingan ini berlangsung di lapangan basket yang di jadikan sebagai lapangan futsal. Acara makin ramai sa’at komentator kocak dari kelas 12 PM ikut melaporkan jalannya pertandingan, pertandingan ini tentu saja di menangkan oleh para siswa yang menjadi juara . . . .

Akhirnya acara telah selesai juga, dalam kegiatan ini kami Pengurus OSIS selalu siap dan sudah Berkumpul jam 6 pagi di sekolah untuk menyiapkan segala sesuatunya untuk setiap pertandingan yang berlangsung. Sebelum melaksanakan tugas kami masing-masing , kami selalu berkumpul untuk di beri pengarahan dari ketua OSIS.

Ketua OSIS Selalu memberikan pengarahan tentang tugas-tugas kami dan sekedar Mengingatkan Tentang apa saja yang harus di kerjakan dalam setiap kegiatan yang akan kami lakukan , kemudian setiap acara selesai dan semua telah beres maka kami kembali berkumpul di kelas untuk evaluasi acara, melaporkan masalah dan kendala yang di hadapi untuk kemudian di cari jalan keluarnya bersama. Barulah kami bias makan bersama yang terasa nikmat sekali setelah lelah melaksanakan acara, meski cape tapi dengan gotong-royang dan kebersamaan mampu menghilangkan rasa cape kami. Indahnya kebersamaan semoga dapat kami jaga sampai kapanpun dan menjadikan kami lebih kompak lagi dalam setiap kegiatan OSIS.



Berikut adalah Pemenag perlombaan yang di adakan dalam kegiatan porseni 2010
1 Futsal Putra:
Juara 1 Kelas 12 PM1
Juara 2 Kelas 12 PM2
Juara 3 Kelas 11 PM2
Futsal Putri:
Juara 1 kelas 12 tkj
Juara 2 kelas 11 AK1
Juara 3 Kelas 11 AK2
2.Basket Putra
Juara 1 kelas 12 TKJ
Juara 2 kelas 11 AK1
Juara 3 kelas 11 MM
Basket PutrI
Juara 1 kelas 12 AK1
Juara 2 kelas 12 AK2
Juara 3 kelas 12 AP1
3 . VOLLY PUTRA
Juara 1 kelas 12 PM
Juara 2 kelas 11 PM
Juara 3 kelas 10 PM
VOLLY PUTRI
Juara 1 kelas 11 AK
Juara 2 kelas 12 PM
Juara 3 kelas 11 AP

4.BADMONTON GANDA PUTRA
Juara 1 kelas 12 MM
Juara 2 kelas 10 AK
Juara 3 kelas 11 TKJ
BADMINTON GANDA PUTRI
Juara 1 kelas 10 AP
Juara 2 kelas 12 AP
Juara 3 kelas 12 MM

5.SENAM AEROBIC
Juara 1 kelas 12 TKJ
Juara 2 kelas 12 MM
Juara 3 kelas 12 AP
6.TARI TRADISONAL
Juara 1 kelas 11 AK2
Juara 2 kelas 11 TKJ
Juara 3 kelas 11 PM1
7,LARI 100M PUTRA
Juara 1 SIGIT kelas 12 MM
Juara 2 TOPIK kelas 10 PM1
Juara 3 ZULHAKIM kelas 10 PM2
LARO 100M PUTRI
Juara 1 YUNIkelas 10 AP1
Juara 2 ERNA kelas 12 AP1
Juara 3 FRIDA kelas 12 AK3
ITULAH DAFTAR PERLOMBAAN BESERTA DATA PARA JUARANYA PADA PORENI TAHUN INI, SEMOGA PORSENI TAHUN DEPAN LEBIH SERU DAN MERIAH LAGI .. . . ^_^

n . ... selamat ea buat para juaranya

Perintah Berkurban


Idul Adha dan peristiwa kurban yang setiap tahun dirayakan umat muslim di dunia seharusnya tak lagi dimaknai sebatas proses ritual, tetapi juga diletakkan dalam konteks peneguhan nilai-nilai kemanusiaan dan spirit keadilan, sebagaimana pesan tekstual utama agama.
Kurban dalam bahasa Arab sendiri disebut dengan qurbah yang berarti mendekatkan diri kepada Allah. Dalam ritual Idul Adha itu terdapat apa yang biasa disebut udlhiyah (penyembelihan hewan kurban). Pada hari itu kita menyembelih hewan tertentu, seperti domba, sapi, atau kerbau, guna memenuhi panggilan Tuhan.
Idul Adha juga merupakan refleksi atas catatan sejarah perjalanan kebajikan manusia masa lampau, untuk mengenang perjuangan monoteistik dan humanistik yang ditorehkan Nabi Ibrahim. Idul Adha bermakna keteladanan Ibrahim yang mampu mentransformasi pesan keagamaan ke aksi nyata perjuangan kemanusiaan.
Dalam konteks ini, mimpi Ibrahim untuk menyembelih anaknya, Ismail, merupakan sebuah ujian Tuhan, sekaligus perjuangan maha berat seorang Nabi yang diperintah oleh Tuhannya melalui malaikat Jibril untuk mengurbankan anaknya. Peristiwa itu harus dimaknai sebagai pesan simbolik agama, yang menunjukkan ketakwaan, keikhlasan, dan kepasrahan seorang Ibrahim pada titah sang pencipta.


Pata tanggal 18 november lalu sekolah kami melaksanakan praktek penyembelihan hewan kurban.
Kegiatan ini bertujuan untuk melatih penerapan praktek berkurban pada siswa.
Kegiatan rutin tiap tahun ini di laksanakan seperti tahun-tahun sebelumnya yaitu sehari setelah hari raya kurban. Hanya jumlah hewan kurbannya saja yang tidak menentu karena di sesuaikan dengan pengumpulan dana yang di peroleh dari siswa dan guru-guru smk n 1 lemahabang.



Mentari masih enggan menampakan wujudnya, tapi tak menyurutkan langkah kami untuk bergegas kumpul di basecamp kami. Karena hari ini adalah hari dimana pertama kali kami melakukan tugas dalam kegiatan sekolah sebagai anggota pengurus osis smk n 1 lemahabang tahun 2010-2011.
Jam 6.30 kita semua sudah lengkap berkumpul di depan ruang osis, tak lama kemudian kami di beri arahan dari ketua osis tentang langkah yang harus kami ambil dalam kegiatan ini. Setelah dirasa cukup jelas dan di mengerti oleh semua anggota osis yang lain maka kami di suruh bergegas melaksanakan tugas masing-masing yang telah di perintahkan.



Selanjutnya Sebelum memulai acara tak lupa kami kembali berkumpul di depan sanggar pramuka untuk kembali mendapat pengarahan dari pembina wakasek kesiswaan yaitu bapak Yayat hidayat M.Mpd S.Pd
Dan pengarahan berikutnya dari Pembina Kerohanian Bapak Toyib S.Ag


Mereka memberikan kami instruksi dan pengarahan-pengarahan kepada kami semua agar kami bisa melaksanakn kegiatan ini dengan baik . .
Setelah pengarahan dari para pembina, maka kita kembali bertugas masing masing,

Sebelum acara penyembelihan hewan kurban di lakukn. Kami mengumndangkan takbir. takbiran yang berlangsung sekitar 15 menit ini di laksanakn oles siswa dari osis yaitu Hatma dari kelas 10 AP2 dan Sobri 10 TKJ selelah sebelumnya telah mendapatkan bimbingan dari pembina kerohanian terlebih dahulu.



Sambil acara takbiran berjalan. Sementara itu anggota osis yang lain sibuk dengan tugas masing - masing dan melengkapi peralatan yang masih kurang. Lau saat acara takbiran sudah selesai maka sekaranglah saatnya untuk penyembelihan hewan kurban. Pada acara praktek penyembelihan hewan kurban tahun ini perwakilan dari siswa yang menyembelih yaitu mustopa dari kelas 11 AK2 dan taryono kelas 11 PM1 sementara dari pihak guru yaitu bapak moch Toyib dan madraka warga smk yang suka menjaga gerbang sekolahan kami beserta pasukanyapun ikut menyembelih dalam praktek hewan kurban ini, karena dari segi pengalaman merekalah yang paling ahli.




Jumlah hewan kurban yang berhasil di beli dari dana iuran siswa dan guru yaitu sebanyak 10 kambing. 9 kambing dari hasil pengambilan dana iuran siswa dan 1 kambing dari patungan gugu-guru serta staf TU.


inilah foto para Pembina yang hadir dalam acara praktek penyembelihan kewan kurban. Mereka melihat langsung dan memantau kegiatan ini serta ikut berpartisipasi dalam acara ini.



Setelah penyembelihan hewan kurban selesai lalu kambing harus di bersihkan dan di kuliti maka barulah kami bergerak memotong motong daging itu untuk kemudian di timbang dan di bungkus lalu di beriklan ke masyarakat yang berhak menerimanya. Pembagian daging kurban di bagikan ke lingkungan sekitar yang dekat dengan sekolah kami.




Setalah acara suah selesai dan semuanya beres maka kita langsung membersihkan semua dan melakukan proses penyelesaian. Cukup lumayan cape juga, tapi ketika semua beres dan kita bisa bersantai maka kami semua biasa tersenyum gembira telah berhasil melaksanakan kegiatan sekolah dengan baik serta kerjasama anggota yang cukup solid.
untuk penyelesaian terakhir,lalu kami berkumpul di kelas untuk melakukan evaluasi dari acara tersebut, kekurangan serta kendala yang muncul kita cari solusinya agar bisa di jadikan sebagai pengalaman untuk acara yang akan di langsunkan berikutnya

keanggotaan osis dan mpk angkatan 2010-2011

keanggotaan osis dan mpk angkatan 2010-2011



Tanggal oktober lalu osis dan masa bakti 2009-2010 telah mengadakan lpj. Lalu setelah acara selesai maka langsung di adakan pemilihan pengurus mpk yang baru
Inilah dafter Calon Ketua MPK beserta Visi Misinya

1.Lela Kelas XI AK1
Visi :
1.lebih mendisiplinkan OSIS agar menjadi teladan dan lebih baik dari tahun sebelumnya
Misi:
2.Mempererat persaudaraan dan kekompakan

2.Eka Saidurizal Kelas X1 MM
Visi :
1.menciptakan lingkungan sekolah yang bersih
Misi:
1.Sering Mengadakan lomba kebersihan antar kelas

3.Susi Susilawati Kelas XI TKJ
Visi :
1.ingin mengaktifkan kembali kotak saran dan pesanyang bisa menjadi vitamin untuk osis dan warga smkn 1 lemahabang
Misi:
1.Dengan Saran dan pesan maka bisa menjadikan osis menjadi lebih baik

4.Edi Darmawan Kelas XI PM1
Visi :
1.memperbaiki kinerja osis
2.membuat osis menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya
Misi:
1.membuat osis sekarang lebih kompak dan sadar akan yugas-tugasnya.

Pemilihan di lakukan secara voting oleh perwakilan siswa dari masing masing kelas
Dan yang meraih suara terbanyak yaitu Eka Saidurizal Dari Kelas XI MM sebagai ketua MPK yang baru angkatan 2010-2011. Setelah pemilihan ketua Mpk yang baru maka perekrutan anggota MPK segera di laksanakan.


Inilah Struktur Organisasi MPK 2010-2011

Ketua : Eka Saidurizal kelas XI MM
Sekretaris : Lela kelas XI AK1
Bendahara : Edi Darmawan Kelas XI PM1
Angotta : Susi Susilawati kelas XI TKJ
Hatma kelas X AP
Dina kelas X AK1
Agung Wahyudi kelas X TKJ

Setelah MPK baru telah Terbentuk, maka tahap Selanjutnya Adalah Pembentukan OSIS inti beserta anggotanya. Kampanye yang di mulai sejak sampai. Mereka berkampanye dengan cara mereka masing masing beserta dengan tim suksesnya masing-masing. Dan pada tanggal berlangsung orasi calon ketua osis Ke semua siswa Smk.

Beikut adalah calon-calon ketua osis beserta visi dan misinya :

1.Febriana Nurananda S Kelas XI AK3
Visi :
1.terwujudnya osis menjadi SDM yang berkualitas
Misi:
1.Meningkatkan frofesionalisme dan akuntabilitas pengurus osis
2.melaksanakan kegiatan osis yang fermeable dan flexibel secara terintegrasi
3.meningkatkan peran serta osis dalam penyelenggaraan pendidikan melalui sinkronasi dan ko’ordinasi.

2. Dede Cahyadi XI TKJ
Visi :
1.Satu rasa, satu hati, satu Cinta

Misi :
1.Menigkatkan kinerja OSIS lebih baik lagi


3. Ahmad Cecep Ayip XI TKJ
Visi :
1.Persatuan dalam persaudaraan menciptakan SMKN 1 Lemahabang yang inovatif, terampil dan dinamis dalam segala aspek baik IMTAQ maupun IPTEK

Misi :
1. Menyelanggarakan kegiatan keagamaan maupun bidang akademik dan non akademik untuk menunjukan kreatifitas siswa
2. Mempertahankan dan meningkatkan kerjasama siswa tanpa mengurangi rasa hormat dan saling menghargai.
3. menciptakan lingkungan yang bersih dan berakhlak mulia

akhirya pada tanggal pemilihan calon ketua osis dengan cara pencontrenganpun di mulai. Yang mendapat suara terbanyak yaitu Ahmad Cecep Ayip Kelas XI TKJ

Siapapun Yang terpilih Semoga Dapat Memberikan Kontribusi Yang berarti Untuk Kemajuan SMK. Dalam hal ini semuanya tidak ada yang kalah, karena yang belum terpilih harus bisa bekerjasama dengan yang terpilih dan memberikan sumbangan baik berupa dorongan semangat dan gagasan – gagasannya maupun partisipasi dalam setiap kegiatan yang di laksanakan.




OSIS SMKN 1 LEMAHABANG ANGKATAN 2010-2011 di lantik pada tanggal 8 november 2010 besrta dengan pengurus MPK yang baru , semoga langkah ini menjadi awal yang baik untuk kepengurusan yang sekarang. Semoga OSIS angkatan 2010-2011 Bisa menjadi lebih baik dan memberikan kontribusi yang berarti untuk kemajuan sekolah maupun para siswanya juga memberikan contoh teladan kepada rekan-rekannya

OSIS


Organisasi Siswa Intra Sekolah (disingkat OSIS) adalah suatu organisasi yang berada di tingkat sekolah di Indonesia yang dimulai dari Sekolah Menengah yaitu Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). OSIS diurus dan dikelola oleh murid-murid yang terpilih untuk menjadi pengurus OSIS. Biasanya organisasi ini memiliki seorang pembimbing dari guru yang dipilih oleh pihak sekolah.
Anggota OSIS adalah seluruh siswa yang berada pada satu sekolah tempat OSIS itu berada. Seluruh anggota OSIS berhak untuk memilih calonnya untuk kemudian menjadi pengurus OSIS.

Latar belakang berdirinya OSIS

Tujuan nasional Indonesia, seperti yang tercantum pada Pembukaan Undang-undang Dasar 1945, adalah melindungi segenap Bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Dan secara operasional diatur melalui Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Pembangunan Nasional dilaksanakan di dalam rangka pembangunan bangsa Indonesia seutuhnya dan pembangunan seluruh masyarakat Indonesia. Pembangunan pendidikan merupakan bagian dari Pembangunan Nasional. Di dalam garis-garis besar haluan Negara ditetapkan bahwa pendidikan nasional berdasarkan Pancasila, bertujuan untuk meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang maha Esa, kecerdasan dan keterampilan, mempertinggi budi pekerti, memperkuat kepribadian dan mempertebal semangat kebangsaan dan cinta tanah air, agar dapat menumbuhkan manusia-manusia pembangunan yang dapat membangun dirinya sendiri serta bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa.
Garis-garis Besar Haluan Negara juga menegaskan bahwa generasi muda yang di dalamnya termasuk para siswa adalah penerus cita-cita perjuangan bangsa dan sumber insani bagi pembangunan nasional yang berdasarkan Pancasila dan undang-undang dasar 1945.
Mengingat tujuan pendidikan dan pembinaan generasi muda yang ditetapkan baik di dalam Pembukaan Undang-undang Dasar 1945 maupun di dalam garis-garis besar Haluan Negara amat luas lingkupnya, maka diperlukan sekolah sebagai lingkungan pendidikan yang merupakan jalur pendidikan formal yang sangat penting dan strategis bagi upaya mewujudkan tujuan tersebut, baik melalui proses belajar mengajar maupun melalui kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler.

Wawasan Wiyatamandala

Dengan memperhatikan kondisi sekolah dan masyarakat dewasa ini yang umumnya masih dalam taraf perkembangan, maka upaya pembinaan kesiswaan perlu diselenggarakan untuk menunjang perwujudan sekolah sebagai Wawasan Wiyatamandala.
Berdasarkan surat Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah nomor: 13090/CI.84 tanggal 1 Oktober 1984 perihal Wawasan Wiyatamandala sebagai sarana ketahanan sekolah, maka dalam rangka usaha meningkatkan pembinaan ketahanan sekolah bagi sekolah-sekolah di lingkungan pembinaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasra dan Menengah, Departemen pendidikan dan kebudayaan, mengeterapkan Wawasan Wiyatamandala yang merupakan konsepsi yang mengandung anggapan-anggapan sebagai berikut:
  • Sekolah merupakan wiyatamandala (lingkungan pendidikan) sehingga tidak boleh digunakan untuk tujuan-tujuan diluar bidang pendidikan.
  • Kepala sekolah mempunyai wewenang dan tanggung jawab penuh untuk menyelenggarakan seluruh proses pendidikan dalam lingkungan sekolahnya, yang harus berdasarkan Pancasila dan bertujuan untuk:
    1. meningkatkan ketakwaan teradap Tuhan yang maha Esa,
    2. meningkatkan kecerdasan dan keterampilan,
    3. mempertinggi budi pekerti,
    4. memperkuat kepribadian,
    5. mempertebal semangat kebangsaan dan cinta tanah air.
  • Antara guru dengan orang tua siswa harus ada saling pengertian dan kerjasama yang baik untuk mengemban tugas pendidikan.
  • Para guru, di dalam maupun di luar lingkungan sekolah, harus senantiasa menjunjung tinggi martabat dan citra guru sebagai manusia yang dapat digugu (dipercaya) dan ditiru, betapapun sulitnya keadaan yang melingkunginya.
  • Sekolah harus bertumpu pada masyarakat sekitarnya, namun harus mencegah masuknya sikap dan perbuatan yang sadar atau tidak, dapat menimbulkan pertientangan antara kita sama kita.
Untuk mengimplementasikan Wawasan Wiyatamandala perlu diciptakan suatu situasi di mana siswa dapat menikmati suasana yang harmonis dan menimbulkan kecintaan terhadap sekolahnya, sehingga proses belajar mengajar, kegiatan kokurikuler, dan ekstrakurikuler dapat berlangsung dengan mantap.
Upaya untuk mewujudkan Wawasan Wiyatamandala antara lain dengan menciptakan sekolah sebagai masyarakat belajar, pembinaan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), kegiatan kurikuler, ko-kurikuler, dan ekstra-kurikuler, serta menciptakan suatu kondisi kemampuan dan ketangguhan yakni memiliki tingkat keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, dan kekeluargaan yang mantap.

Struktur organisasi

Pada dasarnya setiap OSIS di satu sekolah memiliki struktur organisasi yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Namun, biasanya struktur keorganisasian dalam OSIS terdiri atas:
  • Ketua Pembina (biasanya Kepala Sekolah)
  • Wakil Ketua Pembina (biasanya Wakil Kepala Sekolah)
  • Pembina (biasanya guru yang ditunjuk oleh Sekolah)
  • Ketua Umum
  • Wakil Ketua I
  • Wakil Ketua II
  • Sekretaris Umum
  • Sektetaris I
  • Sekretaris II
  • Bendahara
  • Wakil Bendahara
  • Ketua Sekretaris Bidang (sekbid) yang mengurusi setiap kegiatan siswa yang berhubungan dengan tanggung jawab bidangnya.
Dan biasanya dalam struktur kepengurusan OSIS memiliki beberapa pengurus yang bertugas khusus mengkoordinasikan masing-masing kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah.

Arti lambang

Arti bentuk dan warna lambang OSIS:

Bunga bintang sudut lima dan lima kelopak daun bunga

Generasi muda adalah bunga harapan bangsa dengan bentuk bintang sudut lima menunjukkan kemurnian jiwa siswa yang berintikan Pancasila. Para siswa berdaya upaya melalui lima jalan dengan kesungguhan hati, agar menjadi warga negara yang baik dan berguna. Kelima jalan tersebut dilukiskan dalam bentuk lima kelopak daun bunga, yaitu: abdi, adab, ajar, aktif, dan amal.

Buku terbuka

Belajar keras menuntut ilmu pengetahuan dan teknologi, merupakan sumbangsih siswa terhadap pembangunan bangsa dan negara.

 Kunci pas

Kemauan bekerja keras akan menumbuhkan rasa percaya pada kemampuan diri dan bebas dari ketergantungan pada belas kasihan orang lain, menyebabkan siswa berani mandiri. Kunci pas adalah alat kerja yang dapat membuka semua permasalahan dan kunci pemecahan dari segala kesulitan.

Tangan terbuka

Kesediaan menolong orang lain yang lemah sesama siswa dan masyarakat yang memerlukan bantuan dan pertolongan, yang menunjukkan adanya sikap mental siswa yang baik dan bertanggung jawab.

Biduk

Biduk / perahu, yang melaju di lautan hidup menuju masa depan yang lebih baik, yaitu tujuan nasional yang dicita – citakan.

Pelangi merah putih

Tujuan nasional yang dicita–citakan adalah masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila, yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sejahtera baik material maupun spiritual.

Tujuh belas butir padi, delapan lipatan pita, empat buah kapas, lima daun kapas

Pada tanggal 17 Agustus 1945 adalah peristiwa penegakan jembatan emas kemerdekaan Indonesia mengandung nilai–nilai perjuangan ’45 yang harus dihayati para siswa sebagai kader penerus perjuangan bangsa dan pembangunan nasional. Kemerdekaan yang telah ditebus dengan mahal perlu diisi dengan partisipasi penuh para siswa.

Warna kuning

Sebagai dasar lambang yaitu warna kehormatan/agung. Suatu kehormatan bila generasi muda diberi kepercayaan untuk berbuat baik dan bermanfaat melalui organisasi, untuk kepentingan dirinya dan sesama mereka, sebagai salah satu sumbangsih nyata kepada tanah air, bangsa dan negara.

Warna coklat

Warna tanah Indonesia, berpijak pada kepribadian dan budaya sendiri serta rasa nasional Indonesia.

Warna merah putih

Warna kebangsaan Indonesia yang menggambarkan hati yang suci dan berani membela kebenaran.